Ilmuwan: Lubang Hitam Pintu ke Dunia Lain

Kamis, 21 April 2016 20:00
Ilmuwan: Lubang Hitam Pintu ke Dunia LainIlustrasi @sourcefed.com
Fisikawan ternama Stephen Hawking mengatakan jika teori yang ada di dalam film Interstellar tentang lubang hitam (blackhole) adalah benar. Dalam film tersebut digambarkan bahwa lubang hitam mengantarkan manusia ke dunia lain.

Hawking sempat beranggapan bahwa lubang hitam adalah penjara tanpa pintu keluar. Lubang hitam mempunyai Singularity, titik di mana dimensi ruang dan waktu hancur dengan kekuatan gravitasi tanpa batas. Karena itulah, objek yang masuk ke lubang hitam tak bisa keluar.

Namun, Hawking mengatakan jika Singularity memiliki jalan keluar. "Lubang hitam bukanlah penjara abadi seperti yang dipikirkan orang-orang selama ini. Benda-benda dapat keluar dari lubang hitam, baik dari luar atau dari alam semesta lain yang terhubung dengannya," ujarnya.

Dilansir Daily Mail, Hawking menjabarkan bahwa lubang hitam memiliki berbagai ukuran dan yang paling kecil bisa seukuran sebuah gunung, sementara yang paling besar bisa seukuran planet terbesar di tata surya, Jupiter.

Anggapan yang sama juga dikemukakan oleh Profesor Fisika dari Universitas Buffalo, Dejan Stojkovic. Ia yakin jika objek yang masuk ke lubang hitam masih bisa keluar. Sayangnya, baik Dejan maupun Hawking tak mampu menjelaskan bagaimana benda itu keluar.
(mks)
Komentar