Ilmuwan Ungkap Bahaya Makanan Cepat Saji

Kamis, 21 April 2016 13:50
Ilmuwan Ungkap Bahaya Makanan Cepat SajiMakanan cepat saji @topreviewtracking.com
Phthalates adalah bahan kimia berbahaya yang digunakan dalam plastik dan dapat larut dengan mudah di makanan. Parahnya, bahan ini kerap kali terkandung dalam makanan cepat saji.

Peneliti di Amerika mengatakan jika setiap hari orang-orang terpapar Phthalates tanpa sadar. "Informasi mengenai phthalates pasti menjadi alasan tambahan untuk menghindari makanan cepat saji," ujar Ketua kedokteran New York, Kenneth Spaeth.

Selain itu, peneliti di Washington D.C juga menganalisis informasi pada lebih dari 8,8 ribu orang. Relawan menjawab pertanyaan tentang diet mereka, termasuk berapa banyak makanan cepat saji yang mereka makan.

Ada banyak phthalates ditemukan pada peserta yang kerap mengonsumsi makanan cepat saji. Mereka yang mengonsumsi makanan cepat saji di hari akhir memiliki tingkat phthalates 24-40 persen lebih tinggi dibanding mereka yang tidak memakannya.

Tak hanya untuk orang dewasa, bahan phthalates ini juga mempunyai pengaruh yang buruk terhadap IQ anak. Kadar phthalates pada makanan cepat saji diklaim menjadi yang terbanyak dibanding dari sumber-sumber yang lain yang juga mengandung phthalates.

Spaeth mengatakan sulitnya seseorang terhindar dari paparan phthalates karena makanan cepat saji adalah menu yang cukup populer dan praktis bagi orang-orang sibuk.

Meski demikian, ia juga menegaskan jika dalam penelitian ini phthalates tidak hanya datang dari makanan cepat saji. Dalam penelitian lanjutan, Spaeth akan memperhitungkan sumber lain, termasuk makanan olahan yang lain.
(mks)
Komentar