Gadis Cilik 5 Tahun di India Menangis Sedih Dipaksa Menikah

Kamis, 21 April 2016 16:00
Gadis Cilik 5 Tahun di India Menangis Sedih Dipaksa MenikahPernikahan adat gadis cilik 5 tahun di India @mirrorc.o.uk

Ritual pernikahan anak-anak yang digelar massal di Chittorgarh, Negara Bagian Rajasthan, India utara, menjadi sorotan media. Pernikahan itu diwarnai insiden kecil saat pengantin wanita berusia 5 tahun menangis karena dipaksa menikah.

Publik baru mengetahui ada ritual pernikahan itu setelah beredar video momen pernikahan di bawah umur tersebut.

Dalam video, tampak perempuan cilik menangis sedih dan menjerit, tetapi sambil memegang tangan pengantin prianya yang lebih tua darinya.

Pernikahan anak-anak semacam ini lazim dilakukan di wilayah Rajasthan. Mereka menggelar pernikahan adat itu berdasarkan kepercayaan agama Hindu setempat.

Otoritas lokal berjanji akan menindak lanjuti kejadian ini sebab membuat resah masyarakat. "Sesaat setelah kami mengetahui adanya insiden itu, kami langsung mengirim tim untuk mencari tahu apa penyebabnya," kata Hakim Distrik Chittorgarh, Ved Prakash.

"Kami telah membatalkan beberapa pernikahan anak di masa lalu. Namun, karena takut ketahuan polisi, warga desa memilih tempat rahasia untuk pernikahan itu," katanya.

Hukum India mengatur usia pernikahan yang legal 18 untuk anak perempuan dan 21 tahun untuk anak laki-laki. Dari data PBB, sepertiga dari total kasus pernikahan anak di bawah umur di dunia berada di India.

Dilansir dari the Guardian, Kamis (21/4), berikut ini videonya.

(Nay)
Komentar