Google Doodle Rayakan Hari Lahir R.A Kartini ke-137

Kamis, 21 April 2016 10:00
Google Doodle Rayakan Hari Lahir R.A Kartini ke-137R.A Kartini @google.co.id
Google Doodle menampilkan animasi seorang wanita yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia, yakni Raden Ajeng Kartini, Kamis (21/4/2016).

Google menampilkan R.A Kartini di laman utama karena sedang memperingati hari lahir tokoh emansipasi wanita tersebut yang ke-137. Terlihat animasi R.A Kartini berwarna coklat sambil memegang buku.

Raden Ajeng Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah pada 21 April 1879. Ia terkenal sangat memperhatikan pendidikan perempuan. Kartini bahkan sempat mendirikan sekolah khusus perempuan bersama dengan suaminya, Raden Adipati Joyodiningrat.

Kartini juga meluangkan pemikirannya dalam buku terbitan Belanda 'Door Duistermis tox Lich' atau 'Habis Gelap Terbit Terang'. Buku ini merupakan kumpulan surat kartini dengan sahabat perempuannya di Belanda.

Ia wafat di Rembang, tempat ia mendirikan sekolah khusus perempuan pada 17 September 1904 di usia yang masih cukup muda, 25 tahun.

8 Tahun setelah ia meninggal, keluarga Van Devender pun mendidikan Yayasan Kartini untuk memberikan akses pendidikan kepada perempuan Indonesia di beberapa kota, termasuk Malang, Surabaya, Yogyakarta, Cirebon, dan Madiun.

Kartini telah langganan tampil di Google Doodle setiap tanggal 21 April. Hal ini tak lepas karena jasa Kartini yang dianggap telah menjadi pelopor kebangkitan perempuan Indonesia.
(mks)
Komentar