Mbah Qarsing Jual Berlian Rp 7 Triliun Buat Bayar Utang Negara

Kamis, 21 April 2016 08:45
Mbah Qarsing Jual Berlian Rp 7 Triliun Buat Bayar Utang NegaraKakek Qarsing dan berliannya @tribunnews.com

Kakek Qarsing asal Desa Bulu Cendrana, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel), berencana menjual berlian raksasa miliknya dengan harga Rp 7 triliun.

Sebagian hasil penjualannya nanti akan dia sumbangkan untuk membayar utang negara.

"Jika laku, berlian saya seberat 222 gram ini rencananya sebagian akan saya sumbangkan untuk membayar utang negara," kata Qarsing.

"Sebagian saya akan buat sekolah, pesantren, dan rumah adat di Kabupaten Sidrap dan Enrekang, yang dikenal dengan 'Kota Santri'," kata dia.

Berlian itu dia miliki sejak zaman perang. "Berlian itu kita miliki sejak zaman perang. Saat itu, saya masih berjuang melawan Belanda bersama Kahar Muzakkar di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan," kata Qarsing.

qarsing-berlian

Menurut Ryan, ahli berlian yang meneliti dengan menggunakan Diamond Selector, berlian seberat 222 gram milik Qarsing itu bisa dihargai dengan nilai yang lebih mahal.

"Jika melihat dari beratnya, estimasi harga paling rendah itu Rp 2,5 triliun. Sementara perkiraan harga tertinggi bisa mencapai Rp 8,3 triliun namun sekali lagi masih perlu diuji laboratorium untuk memastikan," paparnya.

Qarsing menjual berlian itu karena saat ini sedang membangun rumah adat yang terbuat dari kayu dengan 40 kayu penyangga. Rumah adat ini sudah menghabiskan dana miliaran rupiah.

"Rumah adat ini nantinya dipakai apabila ada acara adat di desa," kata Andi Ucha, pengelola rumah adat milik Qarsing. Demikian dilansir dari berbagai sumber.

(Nay)
Komentar