Bocorkan Dokumen Negara, Ahli Komputer China Dieksekusi

Rabu, 20 April 2016 19:00
Bocorkan Dokumen Negara, Ahli Komputer China DieksekusiPresiden China, Xi Jinping @theguardian.com
Publik dunia dihebohkan dengan pemberitaan media China yang mengatakan seorang ahli komputer dieksekusi mati karena telah membocorkan lebih dari 150 dokumen rahasia negara kepada organisasi mata-mata luar negeri.

Ahli komputer asal Sichuan yang bekerja di instansi pemerintah bagian dokumen rahasia itu sebelumnya dipecat dari pekerjaannya karena dianggap pegawai yang buruk, dilansir Daily Mail, Selasa (19/4).

Kekesalannya terhadap pemecatan itulah, pria bernama Huang Yu itu lalu menghubungi organisasi mata-mata asing melalui internet dan menawarkan penjualan dokumen negara.

Ia terus berhubungan dengan organisasi tersebut bahkan sempat mengadakan pertemuan dengan penghubungnya di Asia Tenggara dan Hong Kong. Ia menyerahkan 150 dokumen rahasia bidang militer dan keuangan partai Komunis (partai penguasa di China).

Dari laporan stasiun tv setempat, Huang mulai kekurangan dokumen rahasia untuk diserahkan karena telah berhenti bekerja. Saat itulah ia meminta kakak ipar dan istrinya yang bekerja di pemerintah untuk memberinya informasi.

Huang yang tidak bekerja namun tiba-tiba kaya membuat banyak pihak curiga dan akhirnya usahanya terbongkar di tahun 2010. Tidak dijelaskan di mana Huang diadili dan dieksekusi. Yang jelas, Huang benar-benar dihukum mati.
(mks)
Komentar