Awas, Beredar Pesan Penipuan Minta Ganti Apple ID

Rabu, 20 April 2016 14:20
Awas, Beredar Pesan Penipuan Minta Ganti Apple IDPesan penipuan @grahamcluley.com
Pengguna perangkat Apple diminta lebih waspada karena belakangan ini banyak pesan palsu atau phising yang meminta pengguna untuk mengganti Apple ID.

Pesan yang mengatasnamakan Apple Inc tersebut memberitahukan kepada pengguna bahwa Apple ID mereka telah dinonaktifkan dan kemudian mereka diminta konfirmasi beberapa data pribadi.

Untuk lebih meyakinkan korban, pesan palsu itu menyebutkan akun Apple ID dan iTunes pengguna akan segera berakhir. Jadi, pengguna didesak untuk mengaktifkannya kembali, dilansir Digital Spy, Selasa (19/4).

"[Nama] Apple ID Anda akan berakhir hari ini, Konfirmasi Apple ID Anda di [Tautan]," demikian bunyi pesan tersebut.

Pesan itu menyertakan tautan yang mengarahkan pengguna pergi ke situs Apple palsu, di mana mereka akan diminta memasukkan username dan password, serta sejumlah data pribadi lainnya untuk membuka akun.

Terkait kabar ini, sejumlah ahli menyarankan pengguna yang ragu dengan status situs Apple agar memastikan mengunjungi situs resmi Apple dan pergi ke halaman Support untuk menanyakannya.

Mereka juga menyarankan agar pengguna tidak terburu-buru membuka tautan yang dikirim melalui SMS, Chat, atau email karena kebenaran tautan tersebut tidak dapat dipastikan keamanannya.
(mks)
Komentar