Baru 17 Tahun, Rafidah Lulus Sarjana Kedokteran Termuda

Rabu, 20 April 2016 15:00
Baru 17 Tahun, Rafidah Lulus Sarjana Kedokteran TermudaRafidah dan kedua orangtuanya @rancahpost.co.id

Rafidah Helmi, dara 17 tahun membuat bangga kedua orangtuanya saat namanya disebut sebagai wisudawan Unissula Semarang. Di usia yang masih belia, Rafidah lulus sebagai sarjana kedokteran termuda se-Indonesia.

Anak pasangan AKBP (purnawirawan) Helmi dan Rofiah kelahiran 31 Juli 1998 itu memiliki otak yang cerdas sejak ia lahir. Saking cerdasnya, Rafidah sewaktu TK hanya sehari di nol kecil dan esoknya sudah naik ke nol besar.

Pun demikian saat SD, dia kelas satu saat umurnya masih 4 tahun 10 bulan dan menyelesaikan pendidikan di bangku sekolah dasar hanya 5 tahun saja. Hal ini terus berlanjut hingga di bangku SMP dan SMA. Rafidah berhasil menyelesaikan pendidikannya masing-masing dua tahun.

Di usia 14 tahun, Rafidah mendaftar Unissula. "Mulai SD, SMP, hingga SMA, semuanya akselerasi. Di SD cuma 5 tahun dan 2 tahun selama di SMP dan SMA," tutur Rafidah, Senin (18/4).

Rafidah rupanya mengikuti jejak kakak-kakaknya yang juga lulus menjadi sarjana kedokteran termuda di usia 17 tahun dan tercatat di Museum Rekor Indonesia.

Ayah Rafidah yang merupakan pengajar di kepolisian mengaku tak memiliki metode khusus untuk mendidik anak-anaknya.

"Dia (Rafidah) itu seperti anak biasa lainnya yang suka main, kalau bosan ia belajar," ucap Helmi.

Ibu Rafidah menambahkan jika dia berbagi tugas dengan suami dalam mendidik ketiga anaknya.

"Ayahnya yang bertugas mengurusi pendidikannya, mulai dari mencari sekolah, tempat les, dan yang lainnya. Kalau saya membantu anak saya jika mereka menghadapi kesulitan belajar di rumah," kata Rofiah.

(Nay)
Komentar