Jepang Kembangkan Kulit Elektronik

Rabu, 20 April 2016 13:10
Jepang Kembangkan Kulit ElektronikKulit elektronik atau e-Skin @engadget.com
Inovasi teknologi dari Jepang seoalah tak pernah habis, banyak temuan mengagumkan yang tercipta dari ilmuwan-ilmuwan di Negeri Sakura tersebut, salah satunya yang terbaru adalah kulit elektronik atau e-Skin.

Para peneliti Jepang telah mengembangkan sebuah kulit pintar yang mampu digunakan untuk memantau kadar oksigen darah, denyut jantung, hingga kinerja keseluruhan tubuh, demikian dilansir Mirror, Selasa (19/4).

e-Skin tersebut dibuat oleh para ilmuwan di Universitas Tokyo dengan bentuk ultra tipis dan fleksibel. Lapisan ini terbuat dari polymer-emitting diodes (PLEDs) dan organic photodetectors (OPDs) tipis yang bisa menempel di kulit.

Peneliti sekaligus membuat pelindung dengan ketebalan kurang dari dua mikrometer berkualitas tinggi demi melindungi perlengkapan elektronik vital yang tersemat pada e-Skin. Pelindung ini dibuat dari bahan organik parylene dan silikon oxynitrate.

Profesor Takao Someya selaku pemimpin peneilitian mengatakan jika teknologi yang sedang dikembangkan ini akan dapat melakukan pemantauan terhadap seluruh aktivitas dalam tubuh seperti yang menyebabkan manusia gelisah atau stres.

Someya menjelaskan, "Selain tak harus membawa-bawa perangkat sepanjang waktu, mereka juga mungkin meningkatkan cara kita berinteraksi dengan orang di sekitar atau menambahkan dimensi baru mengenai bagaimana kita berkomunikasi."
(mks)
Komentar