Babi Hutan Terlangka Ternyata Ada di Indonesia

Rabu, 20 April 2016 10:00
Babi Hutan Terlangka Ternyata Ada di IndonesiaBabi hutan Bawean langka @youtube.com
Dibalik keindahan sebuah pulau kecil yang lokasinya sekitar 120 km dari Gresik, Jawa Timur, yakni Pulau Bawean ternyata menyimpan salah satu spesies paling langka di dunia, Sus blouchi.

Sus blouchi adalah babi hutan kerdil yang merupakan kerabat dari Sus verrucosus atau babi Jawa. Sus blouchi terlihat seperti babi hutan biasa, namun pejantan babi Bawean ini memiliki tiga tonjolan di sisi kepalanya.

Sayangnya, babi Bawean dilaporkan telah berada di ambang kepunahan. Ketua peneliti yang menelusuri Bawean, Mark Rademaker mengatakan jika saat ini diperkirakan hanya ada 250 ekor babi Bawean dewasa.

Perubahan habitat sekecil apapun akan berisiko menurunkan populasi babi-babi tersebut secara signifikan mengingat lokasinya hanya ada di pulau Bawean. Parahnya, warga sekitar tak segan untuk memburunya karena bernilai mahal.

Rademaker sendiri sebelumnya mengira jika babi Bawean ini sudah punah. Namun ia begitu terkejut melihat rekaman yang memperlihatkan dengan jelas babi-babi tersebut masih terdapat di salah satu pulau di Indonesia.

Dalam video yang disebarkan, babi Bawean terlihat lebih aktif di malam hari dibanding siang hari. Lihat videonya di bawah ini!

(mks)
Komentar