Terungkap, Asteroid Tak Sebabkan Dinosaurus Punah

Selasa, 19 April 2016 20:15
Terungkap, Asteroid Tak Sebabkan Dinosaurus PunahIlustrasi @pics-about-space.com
Selama ini ilmuwan percaya bahwa kepunahan hewan raksasa dinosaurus adalah karena bumi dihantam oleh asteroid. Namun, penelitian terbaru mengatakan sebaliknya, dinosaurus dikatakan punah jauh sebelum datangnya asteroid.

Studi kali ini mengatakan jika ilmuwan telah memeriksa fosil-fosil dinosaurus dan memprediksi kemunculan hewan tersebut 231 juta tahun lalu sampai masa punah.

Dinosaurus diprediksi tumbuh secara cepat di awal kemunculannya. Namun, pertumbuhan itu melambat sekitar 160 juta tahun lalu dan mulai mengalami penurunan pesat 40 tahun kemudian, dilansir BBC, Selasa (19/4).

Palaeontolog dari University of Reading, Dr Manabu Sakamoto mengatakan, "Meskipun teori mengatakan jika mereka punah karena dihantam asteroid, namun kenyataannya mereka telah mengalami kepunahan sekitar 50 juta tahun lalu, sebelum asteroid datang."

Dinosaurus berleher panjang menurutnya mengalami kepunahan sangat cepat. Sedangkan dinosaurus jenis T-Rex punah lebih lambat. Hasil temuan ini nyaris sama dengan penelitian sebelumnya yang mengatakan jika dinosaurus punah jauh sebelum asteroid menabrak bumi.

Sayangnya sampai saat ini tak ada yang mampu menjelaskan dengan pasti penyebab dari kepunahan dinosaurus. Hanya saja peneliti menduga jika dinosaurus tak mampu beradaptasi dengan lingkungan bumi yang mulai berubah.

Di awal kemunculan dinosaurus, Bumi dianggap memiliki lingkungan yang sempurna karena sangat hangat dan subur. Namun semakin lama bumi mulai mendingin dan permukaan air laut naik. Kemungkinan, karena inilah dinosaurus berevolusi menjadi mamalia.

Prof Mike Benton dari Bristol University menutup, "Iklim dunia memang semakin lama semakin dingin. Dinosaurus bergantung pada iklim yang hangat, sedangkan mamalia lebih suka berada di iklim yang dingin."
(mks)
Komentar