Awas! Rokok Elektrik Vape Bisa Bikin Pendarahan Hidung

Selasa, 19 April 2016 05:00
Awas! Rokok Elektrik Vape Bisa Bikin Pendarahan HidungIlustrasi vape @vapersoul.com
Saat ini rokok elektrik seperti vape banyak digunakan orang-orang untuk berhenti merokok. Sayangnya, ketika seseorang menggunakan vape mereka akan menghembuskan asap lewat hidung. Hal ini akan membahayakan rongga hidung.

Dilansir dari metro.co.uk, pengguna vape bisa membuat kulit di dalam lubang hidung mengering dan dalam beberapa kasus menyebabkan pendarahan hidung.

Hal ini sebabkan oleh zat kimia propylene glycol (PG) yang terkandung dalam vape ini mampu menyerap kelembapan pada kulit sensitif di dalam lubang hidung.

Meski pada umumnya kondisi ini tidaklah serius, namun William Keeler pria asal Inggris ini mengaku pernah mengalaminya dalam tingkat yang parah dimana bagian dalam lubang hidungnya terluka dan berdarah.

"Tahukah Anda ketika Anda menyentuh luka terbuka dan ada rasa terbakar? Seperti itu rasanya dan rasa terbakarnya sangat kuat di dalam lubang hidung saya," ujar Keeler.

Bahkan William juga mengatakan bahwa dirinya mencium bau tak sedap, seperti bau kotoran sepanjang hari, setiap hari.

"Dokter mengatakan agar saya berhenti menghembuskan asap vape dari hidung. Setelah beberapa bulan kondisi saya menjadi jauh lebih baik," ujar dia.

Rokok elektik ini memang telah populer sejak beberapa tahun belakangan ini, namun hingga kini masih belum diketahui pasti bahaya vape bagi bagian dalam lubang hidung dalam waktu berkepanjangan.

"Risiko menggunakan vape belum diketahui seluruhnya, namun ada beberapa zat kimia yang mampu membahayakan hidung. Tapi, belum diketahui apakah itu akan menyebabkan bahaya dalam jangka waktu panjang," ujar Profesor Nirmal Kumar, konsultan THT (Telinga Hidung dan Tenggorokan).
(De)
Komentar