Programmer Hapus Semua Data Perusahaan Gara-gara Typo

Senin, 18 April 2016 15:30
Programmer Hapus Semua Data Perusahaan Gara-gara TypoIlustrasi @telegraph.co.uk
Hanya karena salah memasukkan satu kode alias typo, seorang pria bernama Marco Marsala tak sadar telah menghapus seluruh data perusahaan tempat ia bekerja.

Kode 'rm -rf' yang diketik Marco adalah sebuah kode sederhana yang akan memerintahkan server menghapus seluruh data yang tersimpan, demikian dilansir The Independent, Senin (18/4).

'rm' adalah kode yang memiliki arti 'remove', sementara 'r' adalah kode untuk menghapus semua file yang ada di direktori, dan 'f' adalah untuk 'force' yang ditujukan untuk memaksa perintah sebelumnya dan mengabaikan peringatan.

Marco pun langsung membawa permasalahannya ke forum Serve Fault dengan harapan menemukan solusi. Sayangnya, salah satu pengguna bernama Sven mengatakan, "Saya ikut prihatin dengan mengatakan kalau perusahaan Anda sekarang sudah mati. Sangat kecil kemungkinan Anda bisa melakukan proses recovery data."

Kejadian ini merupakan salah satu contoh dari banyaknya salah ketik yang mengakibatkan dampak yang fatal. Tak diketahui apakah Marco mendapat hukuman dari perusahaan hosting tempat ia bekerja atau tidak.
(mks)
Komentar