Kecil-kecil Jadi Manten, Suami 16 Tahun Istrinya 13 Tahun

Kecil-kecil Jadi Manten, Suami 16 Tahun Istrinya 13 TahunPasangan Jie dan Wen @shanghaiist.com

Masyarakat Tiongkok geger dengan pernikahan remaja belasan tahun. Jie dan Wen resmi menjadi sepasang suami istri di usia mereka yang masih sangat belia, yakni 16 dan 13 tahun.

Tak lama setelah menikah, sejoli yang mengenal tiga hari lalu jatuh cinta ini mengandung. Wen hamil di saat gadis seusianya masih sekolah dan bermain.

Di Tiongkok sendiri ada aturan usia minimal calon pengantin yakni 20 tahun untuk perempuan dan 22 tahun untuk laki-laki.

Tapi, dari pengalaman fotografer Muyi Xiao mengabadikan beberapa pasangan belia di Tiongkok, pasangan Jie dan Wen adalah yang termuda.

"Setiap gadis yang saya temui di sini menikah sebelum berusia 18 tahun, beberapa di antaranya bahkan masih sangat muda. Sepertinya pernikahan dini di sana sesuatu yang biasa, menurun mulai dari para guru, orang tua, sampai anak-anak mereka," ujar Xiao.

Menurut dia, pernikahan di sana buka semata karena desakan orangtua, namun juga kemauan anak-anak sendiri.

"Mereka mengaku bahagia karena saling jatuh cinta," tuturmya. Foto-foto pernikahan Jie dan Wen ini menjadi viral dan mendapat perhatian luas masyarakat negeri Tirai Bambu tersebut. demikian dilansir dari Shanghaiist.

Nay