Perbaiki Loteng Bocor, Pria Ini Temukan Lukisan Rp 1,7 Triliun

Perbaiki Loteng Bocor, Pria Ini Temukan Lukisan Rp 1,7 TriliunLukisan pemenggalan Holofernes @en.wikipedia.org
Alih-alih hanya berniat membenarkan atap rumah yang bocor, seorang pria di Toulouse, Prancis malah menemukan sebuah lukisan yang harganya bisa menjadi triliunan rupiah karya pelukis Italia Caravaggio.

Ahli seni menduga jika lukisan tersebut salah satu dari dua versi lukisan Caravaggio yang dibuat tahun 1600an dan dinyatakan hilang satu abad setelah dibuat. Versi lainnya kini dipajang di Galeri Nasional Seni Kuno di Roma, Italia.

Lukisan karga Caravaggio ini menggambarkan pemenggalan jenderal tentara Nebukadnezar, Holofernes oleh seorang janda cantik asal Bethulia, Judith.



Pengujian yang dilakukan oleh Museum Louvre saat ini akan selesai dalam waktu setahun ke depan. Jika memang asli, lukisan ini bisa dihargai senilai 120 juta Euro (Rp 1,7 triliun).

Kementerian Kebudayaan Prancis juga telah menjadikannya sebagai harta nasional sehingga lukisan ini tak dapat dibawa keluar dari Prancis sampai 30 bulan.

Caravaggio sendiri memiliki nama lengkap Michelangelo Merisi da Caravaggio yang merupakan seorang pelukis Italia yang populer di tahun 1600 sampai 1700an. Namun, ia sempat dilupakan sejak meninggal dan karyanya kembali mencuat di abad ke-20.
mks