Buah Terbaik untuk Berbuka Puasa

Rabu, 25 Juli 2012
Buah Terbaik untuk Berbuka Puasa
Puasa adalah hal menyenangkan untuk mendapatkan pahala dan melatih diri bagia yang telah terbiasa, namun bagi para penderita lambung atau memiliki ganguan pencernaan dan penyakit lain puasa bisa menjadi sebuah siksaan.

Tentu tak ingin kegiatan mengumpulkan pahala anda terganggu dengan adanya penyakit tersebut, oleh karena itu jalankan ibadah semaksimal mungkin dengan menyiasati pola makan anda. Tak susah kok, hanya lewat kandungan beberapa buah ini dijamin puasa anda lancar. 

Berikut 4 Buah yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa :

1. Pisang

Bagi anda yang memiliki ganguan lambung dan sering terasa nyeri, maka buah pisang adalah penolongnya. Dalam satu buah pisang tercantum mengandung 11% serat dan 108 kalori yang cukup pas untuk pencernakan. Kandungan inhibitor protease yang dimiliki buah pisang merupakan zat yang mampu memecah bakteri di dalam lambung perut yang menyebabkan bisul. Pisang juga diketahui menjadi perantara yang baik untuk menyerap kalsium. Kandungan probitik yang terdapat pada pisang dalam hal ini berperan sangat penting dalam meperlancar pencernakan.

Kandungan vitamin B6 yang terdapat dalam pisang sangatlah dibutuhkan bagi usus besar. Vitamin B6 berperan dalam memaksimalkan kerja folat dalam tubuh sehingga proses dalam buang air besar menjadi lancar. Maka mengkonsumsi pisang setiap hari sangat disarankan untuk membantu kerja usus dan melancarkan pencernakan.
2. Pepaya

Pepaya memiliki sifat antiseptik sehingga baik untuk membunuh bakteri yang merugikan dalam usus, menormalkan Ph usus sehingga keadaan flora usus menjadi normak dan terjaga. Pepaya juga mempercepat pencernakan karena mempunyai enzim papain yang mampu memecah serat serat daging.

3. Mangga

Mangga memiliki kandungan vitamin A, C dan E yang sangat bagus untuk keremajaan kulit. Kandungan asam galat yang terdapat pada mangga sangat baik untuk pencernakan. Satu buah mangga mengandung 7 gram serat yang dapat membantu pencernakan dalam perut. Sebagian serat larut dalam air dan dapat menjaga kolesterol agar tetap dalam keadaan normal.

4. Kiwi

Kiwi mengandung serat, probiotik dan enzim pencernakan yang berperan membantu pencernakan dan penyerapan. Kandungan yang terdapat dalam buah kiwi itu sangat baik dalam membantu proses pencernakan dalam usus.

5. Apel

Apel merupakan buah yang sangat kaya akan serat dan berkadar air tinggi. Apel yang mempunyai kandungan air yang tinggi ini juga mampu membuat lambung meregang dan mengenyangkan. Apel yang dikonsumsi bersama dengan kulit luarnya akan membuat kadar glukosa dalam darah lambat naik. Selain itu buah apel juga dipercaya menjadi salah satu makanan terbaik untuk kulit sehat anda.
(Foto @paleodietguru.com/rha)

Berita, Jadwal & Hasil Pertandingan Piala Dunia 2014 Brasil

Komentar