Video Mengharukan Perempuan Jomblo di China

Kamis, 14 April 2016 22:45
Video Mengharukan Perempuan Jomblo di ChinaIklan perempuan jomblo di China @youtube.com
Sebuah iklan yang belum lama ini dirilis di Internet tampak menyoroti tradisi masyarakat China yang mengharuskan para wanita menikah di usia 25 tahun.

Sebab, masyarakat di sana sering kali menganggap wanita 25 tahun yang belum menikah dipandang sebagai 'sheng nu' atau 'perempuan sisa'.

Koran the Independent melaporkan, video iklan itu diawali dengan pernyataan yang sering didengar kaum wanita sudah berumur, seperti: kamu bukan anak kecil lagi, carilah suami, orangtua tidak akan meninggal dengan tenang kalau kamu belum menikah, jangan terlalu mengikuti keinginan, kamu keras kepala, kamu terlalu pemilih.

Salah seorang perempuan dalam iklan tersebut kemudian mengatakan bahwa saat Hari Raya Imlek adalah saat yang paling membuat mereka stres dimana mereka yang masih jomblo akan ditodong dengan pertanyaan kapan menikah.

"Orang-orang akan bertanya, umurmu berapa? Mengapa belum menikah? Kamu tidak muda lagi. Orang akan mengatakan perempuan yang tidak menikah belum lengkap hidupnya. Kita jadi merasa seperti orang asing." ujar mereka.

Tak hanya itu, beberapa orang tua juga turut mengomentari nasib anak perempuannya yang belum menikah di depan anak mereka.

"Kami selalu merasa anak kami punya kepribadian yang baik. Cuma wajahnya pas-pasan. Tidak cantik. Karena itulah dia 'perempuan sisa'." ujar salah satu orang tua.

Video iklan ini juga memberikan kesempatan kepada para wanita jomblo untuk menyampaikan pesan pribadi mereka di pasar jodoh.

"Saya tidak ingin menikah hanya karena terpaksa menikah. Saya tidak akan bahagia hidup seperti itu," kata salah satu pesan itu.

Video yang unggah pada 6 April ini telah dilihat 1,5 juta kali. Seperti apa videonya? Anda dapat melihatnya di atas:
(De)
Komentar