3 Tips Cegah Cedera Fatal Akibat Kecelakaan Motor

Sabtu, 16 April 2016 05:00
3 Tips Cegah Cedera Fatal Akibat Kecelakaan MotorIlustrasi kecelakaan @gmanews.tv
Bagi pengguna sepeda motor, kecelakaan di jalan bukanlah hal yang tidak mungkin menimpa diri Anda. Namun ada beberapa upaya yag dapat meminimalisir risiko kecelakaan tersebut sehingga tidak sampai terjadi cedera fatal.

Dikutip dari OkeZone, berikut ini beberapa tips yang wajib Anda ingat dan lakukan:

Siapkan mental

Sekalipun sudah yakin berada dalam posisi akan kecelakaan, pikiran harus tetap tenang dan konsentrasi. Sehingga pikiran Anda tetap jernih dan bisa mengambil keputusan dalam waktu singkat.

Lipat tangan dan pastikan mata terbuka

Kecelakaan biasanya membuat pengendara terlempar atau terseret. Jika terseret segeralah melipat tangan dengan keadaan aman sembari menutupi wajah.

Jadi saat sadar bahwa akan jatuh meskipun secara refleks, lepaskan tangan dan lipat tangan. Wajah pun ikut ditutupi untuk mengindari melesetnya engsel-engsel tubuh atau cedera serius di muka.

Biasanya muka dalam keadaan terbuka karena visor helm tidak menutup muka. Tujuan tidak memejamkan mata yaitu agar tetap melihat keadaan sekitar dan segera berdiri maupun beralih ke tempat aman jika memungkinan.

Hindari melawan gravitasi

Hindari tubuh terseret dengan cara mengguling mengikuti arah jatuh untuk mengurangi risiko luka gesek. Tubuh ibarat shockbreaker yang bisa menyesuaikan diri. Selain itu usahakan mata tetap terbuka agar tetap bisa mengendalikan situasi.
(De)
Komentar