Video Wanita Jomblo di China Bikin Netizen Mewek

Video Wanita Jomblo di China Bikin Netizen MewekWanita jomblo @youtube.com
Tradisi kejam di China yang mengharuskan wanita menikah di usia 25 mendapat sorotan melalui video yang cukup mengharukan. Tradisi tersebut akan menganggap wanita jomblo di atas usia itu sebagai sheng nu atau 'perempuan sisa'.

Video iklan itu diawali dengan pernyataan yang sering didengar kaum hawa yang sudah berumur di China, misalnya: kamu bukan anak kecil lagi, carilah suami, orang tua tidak akan meninggal dengan tenang kalau kamu belum menikah, kamu terlalu pemilih, kamu keras kepala.

Hari Raya Imlek adalah mimpi buruk bagi wanita di China. Beberapa orang akan menanyakan pertanyaan yang membuat wanita jomblo stres. Umurmu berapa? Mengapa belum menikah? dan sebagainya, dilansir The Independent.

Salah satu perempuan di video itu mengatakan, "Orang akan mengatakan perempuan yang tidak menikah belum lengkap hidupnya. Kita jadi merasa seperti orang asing."

"Kami selalu merasa anak kami punya kepribadian yang baik. Cuma wajahnya pas-pasan. Tidak cantik. Karena itulah dia perempuan sisa," bela orang tua yang anak wanitanya belum menikah.

Di akhir video, terlihat beberapa wanita jomblo memberikan pesan pribadi di sebuah pasar jodoh. "Saya tidak ingin menikah hanya karena terpaksa menikah. Saya tidak akan bahagia hidup seperti itu," tulis salah satu pesan.

Video mengharukan tersebut setidaknya sudah ditonton lebih dari 1,7 juta kali. Lihat videonya di bawah ini!

mks