Tak Menolong, Pria Ini Malah Sibuk Rekam Pembunuhan

Tak Menolong, Pria Ini Malah Sibuk Rekam PembunuhanVideo pembunuhan @shanghaiist.com
Insiden pemukulan wanita oleh seorang pria di Tiongkok beberapa waktu lalu telah menarik perhatian dunia. Yang menjadi perdebatan, saksi mata yang melihat kejadian itu bukannya berupaya menolong malah sibuk mencari kamera untuk merekamnya.

Seorang warga yang kamarnya berada di atas lokasi kejadian hanya menonton dan merekam insiden penikaman terhadap seorang wanita berusia 20 tahun hingga akhirnya korban meninggal.

Tidak memanggil polisi atau berupaya melakukan bantuan lainnya, pria itu malah kembali ke dalam kamar untuk mengambil kamera dan merekam pembunuhan sadis itu. Ia juga mengunggah video itu ke dunia maya dan menjadi boomerang bagi dirinya sendiri, dilansir shanghaiist.com.

Dalam video yang diunggah itu, terlihat seorang wanita yang sedang mengerang-ngerang setelah seorang pemuda menyabet pinggangnya tiga kali menggunakan sebilah pisau. Korban meninggal sebelum ambulan datang ke lokasi.

Beruntung, pelaku yang melarikan diri dipergoki salah seorang warga lain hingga polisi yang melakukan penyelidikan tak butuh waktu lama untuk meringkus pemuda yang ternyata adalah kekasih korban itu. Motif pembunuhan ini adalah karena korban diduga selingkuh.

Kejadian ini menjadi perhatian serius netizen setempat yang mengkritik habis-habisan pelaku dan juga penonton. "Entahlah, apakah orang ini bisa menjalani hidupnya setelah kejadian ini," ujar netizen.

"Mau jadi apa negeri ini? Ketika seorang wanita nyaris diculik di hotel dan seorang lagi dibunuh di jalan. Tetap saja tidak ada yang berbuat apa-apa," sahut lainnya.

Sebelumnya, dalam sebuah video terlihat seorang wanita berusaha keras melakukan perlawanan pemukulan oleh kekasihnya. Sungguh memprihatinkan melihat beberapa orang yang lewat tidak peduli dengan kejadian itu hingga lima menit kemudian ada wanita yang datang melerai.

Yang paling mencengangkan, tahun 2011 lalu ada balita berusia 2 tahun bernama Yue Yue yang mengalami tabrak lari di sebuah jalan di Foshan, Tiongkok. Setidaknya ada 18 orang tak dikenal yang melintas dan benar-benar tidak menghiraukannya hingga akhirnya bocah itu meninggal.
mks