Wow! Polisi Metro Inggris Dibekali iPad Seharga Rp 176 Juta

Rabu, 13 April 2016 15:30
Wow! Polisi Metro Inggris Dibekali iPad Seharga Rp 176 JutaPolisi menggunakan iPad @mindingthegaps.com
Polisi di Indonesia memang terlihat biasa saja karena tidak difasilitasi perangkat canggih dan mewah. Namun, beberapa kepolisian dunia tidak sama dengan di Indonesia. Jika kepolisian di Dubai dibekali dengan mobil super mewah, ada yang menarik untuk kepolisian di Inggris.

Kepolisian di Inggris memang tidak mempunyai mobil mewah, namun penegak hukum di sana memiliki perangkat iPad dengan harga fantastis. Pemerintah Inggris dikabarkan telah menggelontorkan dana sekitar USD 8,5 juta untuk melengkapi 641 petugas dengan iPad.

iPad sendiri adalah perangkat Apple yang harganya paling murah adalah Rp 3 jutaan dan yang paling mahal Rp 16 jutaan. Namun, perangkat polisi di Inggris telah dilengkapi integrasi back-end dan software custom untuk keperluan percobaan sehingga harganya melonjak mencapai Rp 176 juta tiap unit.

Beberapa software custom untuk keperluan polisi Metro di Inggris tersebut misalnya untuk bisnis dan manajemen, hinga untuk pembayaran lisensi pemakaian software.

Setelah percobaan yang dilakukan pada tahun 2014 sampai 2015 itu selesai, kepolisian Metro di Inggris pun memutuskan untuk tidak memperpanjang kerjasama untuk membuat iPad berharga ratusan juta tersebut.

Alasannya, uang yang telah dibayarkan bukanlah pengeluaran yang percuma, hanya saja sejumlah sistem masih bisa dipakai dengan menggunakan produk lain yang harganya jauh lebih murah.
(mks)
Komentar