Pemuda 19 Tahun Bikin Parpol, Perjuangkan Nasib Rakyat Hong Kong

Pemuda 19 Tahun Bikin Parpol, Perjuangkan Nasib Rakyat Hong KongJoshua Wong @asiaone.com

Pemuda 19 tahun asal Hong Kong, Joshua Wong, menjadi simbol perlawanan terhadap Pemerintah Tiongkok. Joshua yang memimpin pergerakan para pemuda akhirnya memutuskan mendirikan partai politik baru, Demosisto.

"Pembentukan Demosisto ini adalah upaya untuk memperjuangkan nasib kami sendiri. Kami harus masuk sistem untuk mengatur agenda politik," ujar Joshua.

Nama Joshua masuk dalam daftar aktivis ekstremis yang dibuat Pemerintah Tiongkok. Dia pernah ditangkap pada September 2014 karena memicu unjuk rasa selama 79 hari dan melumpuhkan seluruh kota.

-joshua-parpol

Belajar dari pengalaman itulah, Joshua membentuk Demosisto guna memperjuangkan nasib masyarakat kelas bawah.

Gerakan ini biasa dikenal sebagai Umbrella Movement. "Jalan aktivisme tidak cukup jika kita ingin berjuang untuk masa depan yang lebih baik," kata Joshua.

Di usianya yang masih muda, Joshua berharap bisa memenangi kursi dalam pemilihan Dewan Legislatif pada September nanti.

Dia menegaskan jika ideologi Demosisto berbeda dengan partai-partai prodemokrasi tradisional. Partainya ini lebih fokus pada kemandirian dalam menentukan nasib sendiri dan memungkinkan pemilih menentukan masa depan politik Hong Kong.

"Kami berbeda dalam banyak cara dari tradisional dan demokrat. Kami punya protes dengan cara kami sendiri, " tutur Joshua.

"Partai kami tidak mendukung penggunaan kekerasan, tapi kami menganjurkan mengambil tindakan yang lebih langsung dalam mencapai tujuan kami."

Nay