5 Manfaat Sperma Bagi Kesehatan

Rabu, 18 Juli 2012
5 Manfaat Sperma Bagi Kesehatan
Hampir semua orang tahu bahwa sperma berfungsi untuk membuahi sel telur dan membuat wanita hamil. Tapi selain untuk menghasilkan keturunan, sperma ternyata juga memiliki fungsi lain. Apa saja?

Hasil penelitian Johnson dan Everitt dalam bukunyaEssential Reproduction(2000) mengungkapkan bahwa air mani berisi kandungan gizi yang tinggi. Dalam ejakulasi khas (kira-kira satu sendok teh), air mani sudah mengandung 150 mg protein, 11 mg karbohidrat, 6 mg lemak, 3 mg kolesterol, 7 persen US AKG kalium, tembaga dan seng.

Selain itu, sperma mengandung beberapa unsur zat gizi, yaitu vitamin C, kalsium, asam sitrat, creatine, kolin, fruktosa, asam laktat, magnesium, nitrogen, fosfor, kalium, natrium dan vitamin B12. Air mani juga mengandung kalori. Sekali ejakulasi rata-rata air mani diperkirakan mengandung 5 hingga 25 kalori.

Selain untuk pembuahan, berikut manfaat lain dari sperma, seperti dilansir thefrisky, Selasa (17/7/2012):

1. Mengurangi mual morning sickness

Menurut beberapa penelitian baru dilakukan oleh psikolog SUNY-Albany, Gordon Gallup, air mani secara bersamaan dapat menjadi penyebab dan obat untuk morning sickness pada wanita hamil.

Karena setengah dari DNA janin berasal dari ayah, tubuh ibu awalnya mungkin memperlakukan organisme sebagai jaringan asing atau infeksi. Respons ini memicu gejala morning sickness, seperti mual dan muntah.

"Obat terbaik untuk jenis penyakit ini, anehnya, adalah hal yang sama seperti penyebabnya," jelas Gordon Gallup.

2. Peningkat mood

Gordon Gallup juga menemukan bahwa air mani yang diserap oleh kelamin wanita dapat bertindak sebagai peningkat mood baik wanita.

3. Tinta rahasia

Selama Perang Dunia I, anggota British Secret Intelligence Service menulis buku hariannya dengan tinta terbaik yaitu yang berasal dari air mani. Hal ini dilakukan karena selain mudah didapat, hasil pengujian menunjukkan air mani tidak terdeteksi oleh uap yodium.

4. Membuat anak laki-laki menjadi cepat dewasa

Suku Etoro di Papua Nugini percaya bahwa air mani dapat membuat anak laki-laki dewasa secara seksual. Untuk itu, mereka melakukan ritual di mana anak laki-laki harus meminum sperma dari pria dewasa untuk memperoleh kedewasaan seksualnya.

5. Perawatan kulit

Ada sekelompok perusahaan kosmetik membuat pelembab yang mengandung sperma karena dianggap merupakan antioksidan yang sangat kuat. Perusahaan Skandinavia bernama Skinscience dan Cmen Beauty adalah yang paling terkenal dengan produk dari sperma tersebut. (health.detik.com/rha)

Berita, Jadwal & Hasil Pertandingan Piala Dunia 2014 Brasil

Komentar