Ditangkap, Ular Terpanjang Dunia Langsung Mati

Ditangkap, Ular Terpanjang Dunia Langsung MatiUlar terpanjang dunia @bbc.co.uk
Beberapa waktu lalu, warga Malaysia menemukan ular piton terpanjang di dunia di sebuah lokasi konstruksi setempat. Sayangnya, ular piton berukuran delapan meter tersebut mati tak lama setelah ditangkap.

Ular piton yang ditemukan di Negeri Jiran ini mengalahkan rekor ular terpanjang sebelumnya yang dijuluki Medusa dengan panjang 6,67 meter. Medusa merupakan ular Phyton reticulatus yang ditemukan di Kansas City, Missouri, AS.

Pekerja konstruksi di sekitar lokasi Paya Terubong, distrik di Pulau Penang sebelumnya melihat ular piton besar itu berkeliaran kemudian memanggil layanan darurat untuk mengevakuasi ular tersebut, dilansir Live Science, Selasa (12/4).

Dari laporan The Guardian, butuh waktu setidaknya 30 menit untuk menangkap ular panjang tersebut. Namun, ular tersebut mati tak lama setelah ditangkap. Spekulasi kuat mengenai kematian ular itu adalah karena sang ular telah mengeluarkan telur.


Profesor Departemen Ilmu Biologi Universitas Alabama Amerika, Stephen Secor mengatakan jika kematian ular tersebut bisa karena satu telur masih bersarang di tubuh saat tertangkap.

Seperti diketahui, ular memiliki dua saluran telur. Namun, telur yang bersarang bisa menghalangi telur lain (biasanya puluhan) yang belum dikeluarkan. Namun dalam kasus tertentu, telur yang bersarang juga bisa diserap kembali oleh tubuh ular.

Secor mengatakan jika cara untuk memastikan kematian ular tersebut bisa dilakukan dengan nekropsi atau autopsi pada hewan. Nekropsi biasanya dilakukan untuk menjernihkan spekulasi yang menjadi perdebatan ilmuwan.
mks