7 Tips Menggunakan Uang Dengan Tepat

Rabu, 13 April 2016 06:00
7 Tips Menggunakan Uang Dengan TepatIlustrasi uang @joe.ie
Hampir sebagian banyak pekerja akan memenggunakan uang tanpa berpikir panjang saat honor kerjanya telah keluar. Hal ini biasanya dipicu oleh beberapa keingainan yang ditahan selama akhir bulan atau menjelang gajian.

Untuk itu, Anda disarankan untuk mengetahui tips dan cara menggunakan uang dengan tepat berikut ini:

Pertimbangkan Kualitas

Biasanya prinsip hemat akan membuat Anda memilih segala produk yang dibandrol murah. Memilih harga rendah memang salah satu cara menghemat pengeluaran, namun bukan berarti Anda harus membeli produk yang memiliki harga paling rendah.

Pertimbangkan poin-poin lain seperti kualitas produk tersebut. Misalnya Anda membeli sepatu seharga Rp 50 ribu dan daripada sepatu seharga Rp 250. Namun apabila kualitas yang ditawarkan sepatu bernilai Rp 50 ribu tersebut hanya bertahan 1 bulan, betulkah pilihan Anda mencerminkan sikap hemat?

Membeli Barang dengan Merek Generik

Barang-barang dengan merek terkenal memberikan manfaat yang sama dengan barang-barang generik, bahkan Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih rendah ketika membeli barang generik.

Potong Jatah 'Buang Makanan' Anda

Disadar atau tidak, selama ini pasti selalu ada sisa makanan yang dibuang padahal belum sempat diolah atau sekadar tidak suka dengan rasanya. Jadi daripada akhirnya membuang makanan tersebut, hindari membeli makanan yang tidak pasti Anda suka.

Bersabarlah

Biasanya, ketika Anda tak memiliki uang atau sedang tidak membawa uang tunai ada beberapa barang incaran yang sedang mengalami penurunan harga. Nah jika Anda mengalaminya, lebih baik Anda bersabar dan menunggu momen-momen semacam ini dikemudian hari.

Pakai Kupon atau Voucher Makan

Jangan malu untuk memanfaatkan voucher makan yang mungkin Anda miliki. Dengan menggunakan voucher ini, Anda bisa menghemat cukup banyak pengeluaran yang tadinya dialokasikan untuk kebutuhan makan.

Gunakan Biaya 'Happy Hours'

Jika Anda ingin berlibur menyenangkan, sebaiknya manfaatkan waktu Happy Hours yang menawarkan harga setengah kali lebih rendah dibandingkan dengan normal hours.

Hal ini akan menghemat pengeluaran Anda untuk hiburan. Sementara sisanya bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan lainnya.

Membeli Barang di Toko Barang Bekas

Perlu diingat bahwa kualitas barang bekas tidak semuanya buruk dan menimbulkan biaya lebih untuk perawatannya. Jadi tidak ada salahnya Anda mencoba membuka pikiran dan mencoba peruntungan Anda untuk menemukan barang bekas dengan kualitas baik.
(De)
Komentar