Kerjaan Penonton Alay, Cuma Joget-Joget Gaji Rp 6-8 Juta!

Kerjaan Penonton Alay, Cuma Joget-Joget Gaji Rp 6-8 Juta!Ilustrasi penonton alay @tempo.co
Akhir-akhir ini kehadiran penonton bayaran alias penonton alay memang cukup banyak menghiasi sejumlah program televisi. Profesi sebagai penonton alay sendiri tergolong mudah. Mereka cuma diharuskan meramaikan acara dengan bertepuk tangan, joget, dan tampil menarik. Banyak orang tertarik jadi penonton alay lantaran pekerjaannya gampang tapi bayarannya lumayan.

Berdasar pengakuan beberapa penonton alay yang kerap tampil di TV, salah satunya MY, mantan SPG ini mengaku senang menjadi alay daripada menggeluti profesi lainnya. MY sendiri kerap meramaikan acara Dahsyat, Cecepy, dan Ada Ada Aja.

"Awalnya diajak temen, lama kelamaan keterusan (jadi penonton bayaran). Kalo bayaran sih, dulu pertama kali 20 ribu terus naik 25, 30, 35, sampai sekarang 50 ribu, itu dalam satu acara, kalo dua ya 100 ribu. Saya sendiri hanya di sini (RCTI) aja, kan di sini ada banyak acara kayak Dahsyat, Cecepi, Ada Ada Aja," ujar MY yang telah 2 tahun ini jadi anak alay.

Selain MY, 2 alay lainnya, yaitu RV dan IC juga lebih senang jadi penonton alay karena bayarannya relatif tinggi. Misalnya saja RV, pria 26 tahun ini telah 6 tahun jadi alay karena merasa pekerjaannya lebih santai dibandingkan menjadi Sales Promotion Boy (SPB).

"Ya enakan kayak gini (penonton bayaran) kerjanya santai, cepet juga. Pendapatannya juga lumayan. Apalagi kalo bulan puasa, kita bisa dapat 6 sampai 8 jutaan. Kan banyak acara kalo bulan puasa," ungkap RV.

Begitu juga dengan IC yang baru 3 bulan jadi penonton bayaran pun cukup puas dengan pekerjaan barunya. Dibanding jadi pelayan restoran, kini gaji IC justru lebih melimpah.
hdk