Terungkap! 6 Dosa Fahri Hamzah Alasan Dipecat PKS

Terungkap! 6 Dosa Fahri Hamzah Alasan Dipecat PKSFahri Hamzah dipecat PKS @detik.com

Kabar pemecatan Fahri Hamzah oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masih menyita perhatian publik. Fahri yang juga menjabat Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat itu mempertanyakan alasan pemecatan dirinya.

"Seberat apa dosanya sehingga saya layak diambil jenjang keanggotaan saya?" kata Fahri saat jumpa pers di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (4/4).

"Saya tidak pernah berbuat tidak senonoh, tidak mencuri dan korupsi, tidak melanggar hukum dan etika. Kesalahan mahabesar apa yang saya lakukan sehingga layak dipecat dari semua jenjang keanggotaan?" katanya.

Menurut informasi yang dikutip dari website resmi PKS, www.pks.or.id, Presiden PKS Sohibul Iman menjabarkan beberapa dosa Fahri Hamzah terkait alasan pemecatan itu.

1. DPR Bloon

Menyebut rada-rada bloon untuk para anggota DPR. Fahri dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan dan diputus melanggar kode etik ringan.

2. Bubarkan KPK

Mengatasnamakan DPR telah sepakat untuk membubarkan KPK.

3. Bela Proyek DPR

Pasang badan untuk tujuh proyek DPR, dan itu bukan arahan pimpinan partai.

4. Ejek Penolak Revisi Undang-Undang KPK

Fahri menyebut penolak revisi Undang-Undang KPK adalah pihak yang sok pahlawan dan ingin menutupi boroknya. Sedangkan PKS tegas menolak revisi UU KPK. Silang pendapat pun terjadi.

5. Tunjangan Kurang

Fahri menyebut nilai kenaikan tunjangan DPR kurang. Padahal Fraksi PKS menolak kebijakan kenaikan tunjangan pejabat negara.

6. Bela Setya Novanto

Fahri melontarkan pernyataan keras dan kontroversial saat membela mantan Ketua DPR Setya Novanto dalam kasus dugaan pencatutan nama Presiden di lobi renegosiasi kontrak PT Freeport Indonesia.

Sementara itu, rekan Fahri Hamzah di DPR, Fadli Zon turut mengomentari pemecatan koleganya tersebut.

"Orang yang cukup vokal, punya integritas, kritiknya sangat membangun," ujarnya. "Saya sebagai kolega tentu kaget kalau itu benar. Sebab, kami belum tahu apakah surat itu ada atau tidak."

Disinggung apakah Fahri akan bergabung dengan dirinya di Partai Gerindra, Fadli mengatakan, "Saya tak ingin berandai-andai, apalagi Fahri kan juga pendiri di partainya," ucapnya.

(BACA: Hot! Beredar SK Fahri Hamzah Dipecat PKS)

Nay