Kemendikbud: Semua Kunci Jawaban UN yang Beredar Palsu!

Kemendikbud: Semua Kunci Jawaban UN yang Beredar Palsu!Bocoran jawaban UN @jpnn.com

Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan Daryanto mengatakan pihaknya sudah mengantisipasi isu-isu kebocoran kunci jawaban ujian nasional. Dia yakin tahun ini tidak akan terulang lagi kebocoran jawaban sebab para pelaku sudah diberi hukuman keras.

"Tahun-tahun kemarin pelaku kan ada yang ditangkap, siswa yang ketahuan juga sudah diberi sanksi," kata Daryanto saat inspeksi mendadak kesiapan UN di SMAN 70 Jakarta, Senin (4/4).

Daryanto meminta para siswa tidak terpengaruh isu beredarnya kunci jawaban ujian nasionsal. Ia menegaskan jika yang beredar adalah palsu.

"Yang beredar sekarang palsu semua. Itu bahaya untuk anak-anak sekolah, dan itu kan membuat keuntungan pihak tertentu," ucapnya.

Pemerintah sudah melakukan pengawasan tiga lapis agar tidak terjadi kebocoran materi ujian nasional. Pengawasan itu mulai dari percetakan, penyimpanan di gudang, hingga distribusi soal ke sekolah. "Tim kami bekerja 24 jam, semua dari Irjen kami sebar ke seluruh provinsi."

Lebih jauh, Kemendikbud telah menyiapkan tim IT untuk memantau jalannya UN berbasis komputer. Tim ini tersebar di seluruh provinsi dengan tugas mengantisipasi kecurangan.

Ujian Nasional kertas digelar 4-7 April 2016 untuk jenjang SMA sederajat. Adapun UN berbasis komputer 4-7 dan 11-12 April 2016.

Nay