Museum Inggris Pamerkan Koleksi Tinja dari Seluruh Dunia

Museum Inggris Pamerkan Koleksi Tinja dari Seluruh DuniaKoleksi feses di museum tinja Inggris @cnn.com

Kebun binatang Isle of Wight, Inggris meresmikan museum khusus yang memamerkan sejumlah tinja manusia dan hewan. Di musem ini, pengunjung bisa mengamati lebih dekat bagaimana rupa feses singa hingga manusia.

Museum tinja nasional ini diciptakan anggota perkumpulan seni Eccleston George, dilansir dari Metro, Senin (4/4).

Ada 20 kaca yang berisi tinja dari berbagai jenis hingga fakta menarik soal kamar mandi dan WC di masa lalu.

Koleksi museum ini termasuk fosil tinja berusia 140 juta tahun hingga tinja burung hantu yang berwarna kuning kecoklatan serta berisi tulang dan gigi.

"Tinja memicu reaksi keras. Anak kecil secara alami menyukainya namun kemudian kita belajar untuk menghindar benda menjijikkan, berisi penyakit dan bahkan membicarakan tinja juga diannggap tabu," kata Nigel George, salah seorang kurator museum.

-museum-tinja

"Namun, bagi sebagian besar dari kita, di balik stigma kotor dan tabu, kami menyukainya," tambah George.

Kurator museum Daniel Roberts mengatakan, tinja ada di sekitar dan di dalam manusia, namun tinja justru diabaikan begitu saja.

"Misi museum ini adalah mengungkap rahasia tinja, untuk menguji hubungan manusia dengan tinja dan untuk mengubah pandangan kita terhadap elemen luar biasa ini," ujar Roberts.

Museum ini mengumpulkan tinja dari berbagai negara dan menerima sumbangan dari kebun binatang Isle of Wight dan museum dinosaurus Isle of Wight.

"Untuk mempersiapkan tinja yang akan dipamerkan kami membuat mesin pengering tinja. Tinja serangan bisa dikeringkan dalam satu jam, namun tinja singa membutuhkan waktu hingga dua pekan," lanjut Roberts.

Nay