Terungkap! Resep Hidup Abadi dari Isaac Newton

Terungkap! Resep Hidup Abadi dari Isaac NewtonResep batu abadi dari Isaac Newton @toptenz.net
Philosopher Stone atau batu bertuah memang tak asing bagi pecinta film Harry Potter. Batu tersebut dalam legenda mampu mengubah timah menjadi emas dan membantu manusia hidup selamanya.

Ilmuwan penemu gravitasi, Sir Isaac Newton sebelumnya pernah membuat sebuah ramuan yang mampu menciptakan batu abadi tersebut. Dan kini, ilmuwan berhasil mengungkapnya.

Yayasan asal AS, Chemical Heritage Foundation (CHF) telah membeli manuskrip atau catatan berusia 400 tahun yang ditulis Sir Isaac. Menariknya, manuskrip tersebut ternyata merupakan cara membuat 'philosophic mercury' (sophick) atau merkuri bertuah.



Menurut James Voekel dari CHF, Sophick adalah bahan utama pembuatan batu bertuah. "Sophick diperkirakan sebagai bahan kimia yang mampu memecah logam. Kuncinya adalah memecah logam kemudian membangunnya lagi menjadi logam yang berbeda, seperti mengubah timah menjadi emas," ujarnya.

Bukti lain yang meyakinkan ilmuwan adalah kalimat latin yang berbunyi, "Persiapan pembuatan merkuri bagian batu (bertuah) oleh Antimonial Stellate Regulus dari Mars dan Luna dari Manuskrip Filsuf Amerika"

Sir Isaac yang dikenal sebagai pakar matematika dan Fisika memang sangat tertarik dengan kimia. Terlebih sejak abad pertengahan hingga abad ke-17 batu bertuah menjadi misteri yang banyak disebut dalam penelitian. Di sisi lain, manuskrip ini diperkirakan merupakan kopian dari karya ahli kimia Amerika, George Starkey.
mks