1.400 Asteroid Melayang Dekat Bumi, Armageddon Mengancam?

1.400 Asteroid Melayang Dekat Bumi, Armageddon Mengancam?Asteroid @turner.com
Pernahkah Anda melihat film Armageddon? Film tersebut memperlihatkan bahwa asteroid memiliki ancaman yang sangat luar biasa terhadap bumi. Bahkan bumi bisa hancur karena hujan asteroid.

Di dunia nyata, NASA membangun sebuah peta untuk mengetahui asteroid mana saja yang berbahaya dan berpotensi menabrak bumi. Peta tersebut kemudian diterbitkan dalam jurnal Planetary Photojournal.

Diperlihatkan NASA, peta itu menunjukkan setidaknya 1.400 asteroid yang posisinya berada di sekitar bumi. Untungnya, salah satu ilmuwan NASA mengatakan jika asteroid tersebut aman dalam waktu 100 tahun ke depan.

"Asteroid yang berpotensi bahaya berukuran sekitar 140 meter dan mengikuti orbit yang melintas dekat bumi dengan lintasan sepanjang 7,5 kilometer," ujarnya.

Dalam peta itu terlihat sekumpulan asteroid berwarna biru yang mengelilingi matahari. Mereka mengelilingi orbit planet tata surya seperti Merkurius, Venus, Bumi, Mars, dan Jupiter.

Meski NASA mengatakan ada sebagian asteroid yang berbahaya, namun mereka juga mengatakan jika kemungkinan asteroid akan menghantam bumi cukup kecil karena jaraknya yang jauh. Sedangkan yang membahayakan bumi seharusnya berada 1 km dari bumi.
mks