Jadi Beban Negara, Gaji PNS Dipangkas Total

Jadi Beban Negara, Gaji PNS Dipangkas TotalPresiden Tanzania John Magufuli @cnn.com

Presiden Tanzania John Magufuli berani mengambil kebijakan tidak populis memangkas gaji PNS senior hingga dua pertiga dari gaji mereka sekarang.

Magufuli mengatakan, hal itu dia lakukan sebab kondisi yang ada sungguh memalukan. Terjadi ketimpangan gaji pejabat tinggi PNS Rp 236 juta dengan PNS golongan lain yang menerima Rp 1,8 juta.

"Pegawai yang tidak siap dengan gaji USD 7000 (Rp 91 juta) per bulan, harus mulai cari pekerjaan lain," kata dia, seperti dilansir BBC, Kamis (31/3).

Tak hanya memotong gaji, John juga memangkas sejumlah pengeluaran tidak penting dari kantor kepresidenan. Kebijakan itu akan diterapkan mulai 1 Juli mendatang.

Dalam pidatonya, John berjanji akan menurunkan pajak penghasilan dari 11 persen menjadi 9 persen.

"Memang benar kita ingin memungut pajak, tapi kita juga harus pahami berapa gaji yang diperoleh kelas pekerja," kata dia.

Pekan lalu Amerika membatalkan bantuan sebesar Rp 6,2 triliun untuk pembangunan listrik karena kasus pemilu di Zanzibar.

"Kita harus berdikari. Kerja keras supaya rakyat Tanzania tidak perlu lagi bergantung pada bantuan luar negeri," ujar Magufuli.

Sebelumnya, John Magufuli pernah membatalkan acara perayaan hari kemerdekaan karena dinilai pemborosan.

Nay