Berantas Korupsi, Ridwan Kamil Bikin Forum Mirip KPK

Berantas Korupsi, Ridwan Kamil Bikin Forum Mirip KPKRidwan Kamil @tempo.co

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil gemas dengan maraknya perilaku korupsi. Oleh sebab itu, Pemkot Kota Bandung membentuk badan anti korupsi mirip KPK, namun ruang lingkupnya Kota Bandung.

"Korupsi ini kan masalah besar, hanya Bandung cara (mengatasinya) sistematis. Bukan heboh-heboh enggak jelas. Kenapa udah ada kejaksaan tapi KPK dibentuk, itu menunjukkan ada urgensi penguatan di sisi itu. Kita juga ada inspektorat, tapi kan PNS, ini tim independen," jelas Ridwan Kamil dalam pelantikan di Auditorium Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat (1/4).

Pria yang biasa disapa Kang Emil ini menjelaskan, forum ini memiliki tugas mirip KPK, hanya yang membedakan tidak memiliki kewenangan hukum.

"Tugasnya mirip KPK juga. Ada pencegahan, pendidikan, tapi bagian penindakannya tidak ada. Karena tidak ada payung hukumnya. Mereka melaporkan ke saya dan inspektorat juga," terang Emil.

Forum anti korupsi ini diharapkan bisa menjadi contoh bagi daerah lain bahwa Kota Bandung serius memerangi korupsi.

"Laporannya rutin ke saya. Mereka diberi akses mendatangi, membuka data, menerima laporan, ya jiga KPK kitu we kumaha," tandasnya.

Anggota forum berasal dari lintas elemen masyarakat, mulai dari media, akademisi, aktivis masyarakat, swasta, transparansi internasional dan komunitas. Demikian dilansir dari Detik.

Nay