Unik, Ada Semut 'Alien' di Hutan Amerika

Jum'at, 01 April 2016 12:20
Unik, Ada Semut 'Alien' di Hutan AmerikaSemut 'alien' @nbcnews.com
Peneliti menemukan setidaknya 33 spesies semut yang beberapa di antaranya buta di hutan tropis Karibia dan Amerika Tengah. Semut-semut itu memiliki wajah seolah dengan perisai titik-titik kecil di pinggiran mata, rahang kuat, serta gigi tajam.

Entomologis dari University of Utah, Jack Longino mengatakan jika semut itu memiliki bentuk seperti monster alien kecil dengan ukuran sekitar 2 milimeter. "Ketika semut dilihat dari mikroskop, apa yang terlihat bagaikan sebuah mimpi buruk," ujarnya.

Semut 'alien' ini ditemukan di sela-sela kayu, sedang merayap dan mengunyah serangga-serangga yang lebih kecil. Spesies baru ini hidup di wilayah kecil yang merupakan hutan konservasi di Amerika Tengah.

Longino mengatakan jika semut ini memiliki kontribusi besar terhadap ekosistem, termasuk penyerbukan tanaman.

Ilmuwan setidaknya sudah menemukan 15 ribu spesies semut di seluruh dunia, misalnya semut Eurhopalothrix zipacna yang ditemukan di Guatemala dan Honduras, serta Eurhopalothrix xibalba yang tinggal di Honduras dan Kosta Rika.

"Totalnya, spesies semut ada kemungkinan mencapai 100 ribu," ujar Longino yang secara pribadi sudah menemukan 131 spesies semut.

Semut yang ia temukan kali ini dijabarkan dari jenis Eurhopalothrix, yang dibedakan melalui bentuk rambut dan tubuhnya. Sementara serangga dari jenis Octostruma dibedakan melalui antena yang terdapat di kepalanya.
(mks)
Komentar