Populasi Menurun, Anjing Laut di Inggris Akan Dibekali Smartphone

Jum'at, 01 April 2016 10:15
Populasi Menurun, Anjing Laut di Inggris Akan Dibekali SmartphoneAnjing laut @bbc.co.uk
Ternyata tak hanya manusia yang punya perangkat canggih. Anjing laut di perairan Inggris dalam waktu dekat juga akan memiliki teknologi smartphone untuk menghentikan penurunan populasi mereka di alam bebas.

Smartphone yang akan disematkan pada anjing laut memang tidak canggih seperti milik manusia, melainkan hanya berupa ponsel kecil yang mampu mengirim informasi terkait perjalanan sang hewan.

Proyek ini diprakarsai oleh Sea Mammal Research Unit (SMRU) dari St. Andrew University yang bekerja sama dengan Vodafone, demikian dilansir Mirror, Jumat (1/4).

Deputy Director SMRU, Dr Bernie McConell mengatakan, "Kami harus menyentuh penyebab dasar terjadinya kondisi ini (penurunan populasi). Oleh sebab itu, jika tidak dilakukan mungkin tak ada lagi anjing laut yang tersisa di pelabuhan."

Penurunan populasi anjing laut di Inggris dan Skotlandia belakangan ini telah menjadi perhatian serius di masing-masing negara. Hal ini tak lepas dari beberapa penemuan anjing laut yang tewas mengenaskan seperti masuk ke dalam rautan pensil.

Sejumlah orang menduga jika tewasnya anjing laut itu diakibatkan oleh proses pengiriman barang di pelabuhan. Tidak menutup kemungkinan pula anjing laut tewas karena terkena baling-baling kapal.

Dugaan yang tak kalah menghebohkan adalah adanya anjing laut abu-abu yang bisa menjadi kanibal. Ada juga yang menduga penyebabnya adalah polusi, iklim ekstrem, hingga kekurangan makanan.
(mks)
Komentar