Buru Exoplanet, NASA Bangun Observatorium Rp 133 Miliar

Buru Exoplanet, NASA Bangun Observatorium Rp 133 MiliarObservatorium @noao.edu
NASA dikabarkan telah mengeluarkan dana yang sangat besar demi membuat sebuah observatorium yang akan digunakan untuk mengamati planet yang ada di luar sistem tata surya (exoplanet).

Proyek bernama NN-EXPLORE Exoplanet Investigations with Doppler Spectroscopy (NEID) ini akan dikerjakan bersama National Science Foundation (NSF) dengan menelan biaya hingga Rp 133,3 miliar.

Lebih lanjut, NASA juga telah membentuk tim khusus yang terdiri dari astronom dan beberapa teknisi untuk memulai penelitian terkait proyek NEID ini.

Mega proyek ini nantinya akan dipimpin langsung oleh seorang asisten profesor asal Penn State University, Suvrath Mahadevran yang diperkirakan akan selesai pada 3 tahun ke depan, dilansir Engadget, Kamis (31/3).

Wilayah canggih ini nantinya akan dibangun di Kitt Peak National Observatory, Arizona, Amerika Serikat. Nama proyek NEID diambil dari bahasa suku Tohono O'odham yang dikatakan paling mendekati tujuannya, yakni berarti 'Untuk Menemukan'.

NASA berharap dengan dibangunnya proyek ini nantinya bisa ditemukan eksoplanet dari bumi, tanpa harus melakukan penelitian dari luar angkasa. Harapan akhirnya adalah menemukan planet yang bisa dihuni manusia.
mks