6 Cara Mengatur Gaji Pertama

Sabtu, 02 April 2016 08:00
6 Cara Mengatur Gaji PertamaIlustrasi menabung @rent.com
Setiap orang akan menggunakan gaji pertama dengan berbeda-beda. Ada yang memberikan sebagian uangnya untuk orang yang membutuhkan, menyenangkan orang tua, atau bahkan untuk bersenang-senang bersama teman.

Tapi kenyataannya, Anda memerlukan strategi untuk mengelola keuangan agar setiap penghasilan yang dimiliki dapat teratur penggunaannya.

Oleh karena itu agar dapat memiliki strategi yang matang dalam mengelola keuangan yang dimiliki berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan:

Membuat Perencanaan Keuangan

Mulailah dari kebutuhan primer, kemudian sekunder, lalu tersier. Dengan begitu Anda bisa memenuhi semua kebutuhan yang sifatnya utama tanpa melewatkannya hanya demi kesenangan semata.

Berinvestasi Serta Menabung

Mulailah secara bertahap dengan menyisihkan minimal 10 persen dari penghasilan yang didapatkan setiap bulannya untuk diinvestasikan atau ditabung.

Bila sudah terbiasa, tingkatkan jumlahnya, di mana alokasinya dapat dipergunakan untuk liburan atau hal lain yang sifatnya adalah membayar semua jerih payah Anda.

Anggarkan Membayar Utang

Utang dari penggunaan kartu kredit maupun utang pribadi dengan orang lain. Apabila Anda tidak memiliki utang, gunakan untuk membantu orang tua menyelesaikan utangnya atau membayarkan tagihan listriknya.

Anggarkan untuk Belanja Bulanan

Untuk pengeluaran bulanan rutin, memang setiap nasabah sudah mengerti bahwa hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan makan dan sejenisnya. Untuk sedekah pun perlu dianggarkan sebagai bentuk syukur terhadap rezeki yang sudah Tuhan berikan.

Hindari Hal yang Bukan Prioritas

Beberapa hal yang bukan prioritas seperti berbelanja barang-barang mewah seperti jam tangan, ponsel baru, aksesoris baru, kemudian mentraktir teman setiap gajian, dan sebagainya.

Prioritaskan pengeluaran untuk Kebutuhan Utama

Dengan mengetahui dan memahami apa saja kebutuhan yang diprioritaskan untuk dibelanjakan, akan membuat pengeluaran Anda menjadi lebih teratur. Selain itu, Anda juga akan lebih disiplin dalam mengeluarkan uang.
(De)
Komentar