Ternyata Ikan Gabus Bisa Obati Diabetes

Ternyata Ikan Gabus Bisa Obati DiabetesIkan Gabus @sipendik.com
Salah satu jenis ikan lokal, ikan Gabus ternyata memiliki manfaat yang sangat beragam, salah satu yang paling penting adalah untuk mengobati penyakit diabetes yang kerap menghantui orang-orang Indonesia.

Khasiat ini diteliti oleh dua peneliti dari jurusan Biologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Dewi Hidayati dan Sri Nurhalita. Keduanya meneliti potensi ikan gabus sebagai obat Diabetes Mellitus (DM) yang merupakan salah satu jenis penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Banyak orang yang meninggal karena Diabetes karena kurangnya pengetahuan mengenai gejala-gejala yang timbul, selain itu juga biaya pengobatan yang terbilang mahal.

Penderita Diabetes di Indonesia tercatatat mencapai 7,6 juta orang. 41 persen di antaranya tidak mengetahui kondisi kesehatannya dan 39 persen mendapatkan pengobatan. Namun hanya 0,7 persen pengobatan yang dilakukan dengan tepat, demikian data yang disajikan penelitian Blueprint for Change.

Penelitian yang dilakukan Dewi dan Sri ini dilakukan dengan mengekstrak ikan gabus yang kemudian diterapkan pada hewan uji. Ternyata, ekstrak ikan gabus mampu menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki jaringan pankreas yang rusak.

Kerusakan pankreas inilah yang membuat seseorang memiliki kadar gula berlebih di dalam darahnya. "Kebanyakan penderita diabetes pria akan disertai dengan penyakit impotensi," ujar Dewi yan merupakan Ketua Jurusan Biologi ITS ini.

Ekstrak ikan gabus ini juga mampu menurunkan Malondialdehyde (MDA) yang menunjukkan adanya stres oksidatif akibat adanya radikal bebas yang dikandung senyawa aloksan (senyawa yang merusak pankreas pada hewan uji).

Menurutnya hal tersebut menunjukkan bahwa ekstrak ikan gabus dapat digunakan sebagai antioksidan efektif bagi penderita diabetes. Lebih lanjut Dewi berharap jika ekstrak ikan gabus bisa menjadi solusi mudah dan murah bagi penderita diabetes di Indonesia.
mks