NASA Rilis Gambar Dua Galaksi Seolah Tabrakan

NASA Rilis Gambar Dua Galaksi Seolah TabrakanGalaksi seolah bertabrakan @sciencenews.org
Melalui Teleskop Hubble, NASA berhasil mendeteksi sebuah gambar menakjubkan yang memperlihatkan dua galaksi seolah bertabrakan. Hasil 'tabrakan' ini membentuk struktur baru yang disebut dengan MACS J0416.

Struktur MACS J0416 dikatakan terletak pada 4,3 miliar tahun cahaya dari Bumi ke konstelasi Eridanus. Gambar terlihat nyata karena masing-masing galaksi mengandung miliaran bintang dan planet yang tak terhitung jumlahnya.

Tim Cosmic Kaleidoscope NASA membuat gambar tersebut dengan cara menggabungkan data yang ditangkap oleh tiga teleskop berbeda, demikian dilansir Science Alert.



Tim Cosmic mengatakan, "Gambar ini menggabungkan data dari beberapa teleskop, NASA/ESA Hubble Space Teleskope (untuk menunjukkan galaksi dan bintang-bintang), NASA Chandra R-ray Observatory (difusi emisi dalam warna biru) dan NRAO Jansky Very Large Array (difusi emisi dalam warna pink).

"Masing-masing teleskop menunjukkan unsur yang berbeda dari klaster sehingga memungkinkan astronom mempelajari MACS J0416 secara rinci," lanjutnya.

Dijelaskan bahwa dua klaster galaksi ini sebenarnya tidak saling bertabrakan. Jika tabrakan, maka materi gelap klaster dan gas akan berpisah dan klaster tidak akan terus mendistorsi cahaya dari galaksi di belakangnya.

Peneliti mengatakan, "Dalam gambar ini, materi gelap muncul untuk menyelarasan dengan gas warna warni, menujukkan bahwa kedua kelompok belum bertabrakan, jika claster sudah bertabrakan satu sama lain, materi gelap dan gas akan terpisah."

Struktur MACS J0416 ini menurut peneliti juga memiliki materi gelap yang sangat besar karena meninggalkan jejak yang terdeteksi dalam cahaya tampak ditangkap oleh teleskop yang mendistorsi gambar. Gambar ini membuat ilmuwan mampu mempelajari materi kosmik seperti energi dan materi gelap.
mks