Dokter Mulia, Keliling Layani Warga Meski Kehilangan Dua Kaki

Dokter Mulia, Keliling Layani Warga Meski Kehilangan Dua KakiLi Juhong @en.people.cn
Kisah mengagumkan datang dari daratan China, seorang dokter perempuan bernama Li Juhong (37) ini sangat giat keliling kampung untuk mengunjungi warga yang sakit. Padahal, Li telah kehilangan kedua kakinya akibat kecelakaan di usia empat tahun.

Kehilangan kedua kaki tak membuat Li patah semangat hingga ia berhasil lulus dari sekolah kedokteran. Bahkan ia lebih memilih bekerja sebagai dokter desa ketika tawaran untuk bekerja menjadi dokter umum dan mendapat gaji besar.

Selama 15 tahun ia bekerja sebagai dokter desa dengan sukarela dan selalu berkeliling menggunakan dua bangku sebagai pengganti kakinya untuk berjalan. Terkadang saat hendak mengunjungi pasien, Li juga digendong oleh suaminya.



Menggunakan bangku sebagai pengganti kaki tidak bisa dipelajari dengan mudah oleh Li. Ia harus berlatih keras pada tahun 1983 hingga akhirnya ia bisa menguasainya ketika berusia 8 tahun.

Kondisi memprihatinkan itulah yang kemudian mendorongnya untuk bekerja sukarela membantu warga kampung yang membutuhkan bantuan medis.

"Dibanding orang lain, hidup saya jelas lebih sulit. Namun, saya selalu berkata pada diri sendiri, Tuhan akan membantu orang yang mau berusaha. Pikiran itulah yang memberi motivasi saya untuk terus melangkah," ujarnya.

Tak heran, dengan semangat itu selama 15 tahun Li sudah merawat lebih dari 6 ribu masalah kesehatan yang diderita warga desa. Ketangguhan dan semangat wanita ini juga membuat putranya yang berusia 12 tahun bangga hingga ingin melanjutkan karir sang ibu.
mks