Jalan Kaki Sambil Main Ponsel Akan Dipenjara 15 Hari

Jalan Kaki Sambil Main Ponsel Akan Dipenjara 15 HariBerjalan sambil bermain smartphone @npr.org
Pemerintah New Jersey, Amerika Serikat telah mengajukan sebuah proposal yang jika disetujui, maka orang-orang yang berjalan sambil mengoperasikan ponsel akan didenda USD 50 (Rp 665 ribu) atau penjara 15 hari.

Peraturan ini hanya menjerat mereka yang menggunakan smartphone atau gadget untuk keperluan komunikasi, misalnya SMS, chatting, atau panggilan telepon. Sementara untuk penggunaan hands-free tidak dilarang.

Uang hasil denda nantinya akan digunakan untuk mendidik masyarakat tentang bahaya perilaku bermain gadget di jalanan. Hal ini tak lepas dari meningkatnya angka kematian pejalan kaki akibat bermain gadget dari 11 persen menjadi 15 persen selama tujuh tahun terakhir, dilansir PhoneArena.

Namun karena peraturan untuk melarang penggunaan gadget di jalan tidak pernah lolos dalam pembahasan undang-undang, sejauh ini tidak ada negara yang sudah menerapkannya.

Kini, direktur program transportasi National Conference of State Legislatures, Douglas Shinkle telah mengupayakan serta memperingatkan negara-negara di dunia agar segera menerapkan larangan penggunaan gadget di jalan.
mks