SBY Tak Terima Dikritik 10 Tahun Tak Berprestasi: Waraskah?

SBY Tak Terima Dikritik 10 Tahun Tak Berprestasi: Waraskah?SBY curhat pemerintahannya dikritik @liputan6.com

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono tak terima dianggap gagal selama 10 tahun menjadi Presiden RI. Menurut Presiden ke-6 ini, pernyataan pemerintahannya gagal selama 10 tahun sangat berlebihan dan tidak masuk akal.

"Kata-kata seperti ini (10 tahun gagal), berlebihan, tidak fair, katanya pemerintahan SBY itu tidak berbuat apa-apa. Mungkin pemerintahan yang saya pimpin ada yang belum oke, ada yang sudah oke. Ada yang sudah tercapai, dan belum tercapai. Too much kalau dibilang tidak berbuat apa-apa, atau gagal total," kata SBY yang memutarkan film dokumentasi pencapaian kabinet Indonesia bersatu di Hotel Novotel, Bogor, Senin (28/3).

"Waraskah jika hingga hari ini masih ada yang mengatakan selama 10 tahun pemerintahan Presiden SBY tidak berbuat apa-apa dan SBY gagal," ujarnya.

SBY memaparkan sejumlah keberhasilan kepemimpinannya, yakni kenaikan gaji PNS, guru, TNI dan Polri. Kemudian anggaran pendidikan naik 20 persen hingga membuka kembali kasus pelanggaran HAM berat di Timtim.

"Saya tidak menyalahkan siapa-siapa, dan menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk menyelesaikannya," kata dia.

Selain itu, sejak dilantik pada 20 Oktober 2004, dirinya langsung melantik para menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid pertama. "Hari berikutnya sidang kabinet pertama, kalau dibilang lambat kebangetan. Lima hari kemudian gubernur saya kumpulkan, bersama menteri-menteri, begitulah situasi dahulu," kata dia.

SBY juga menambahkan, saat Pilpres visi dan misi kampanye menjadi kebijakan publik kabinet pemerintahannya. Setelah itu, para menterinya diminta bekerja dan mengelola pemerintah dengan baik karena adanya tantangan gangguan politik dan keamanan.

"Tapi saya katakan insya Allah kita bisa lakukan. Ini kampanye saya, kita ingin peace, justice, demokrasi, dan properity. Silakan cocokkan terwujud atau tidak. Pasti ada yang terwujud, dan ada yang belum. Tapi silakan kasih nilai berapa persen yang sudah saya wujudkan," kata dia.

Nay