Wajib Pajak, Mahasiwa Baru Lulus Langsung Dapat NPWP

Wajib Pajak, Mahasiwa Baru Lulus Langsung Dapat NPWPIlustrasi @kompas.com

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melakukan kesepakatan dengan Direktorat Jenderal Pajak dengan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan terkait pemberian Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) kepada mahasiswa baru lulus.

"Jumlah lulusan satu perguruan tinggi hitung berapa jumlah yang jadi wajib pajak aktif dan pasif. Mereka lulus langsung dapat NPWP," ujar Menristek M Natsir di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (28/3), dilansir dari Sindonews.

Di tempat yang sama, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, kebijakan ini menyasar kepada pemahaman pajak di kalangan mahasiswa. Sebab, para mahasiswa itu menjadi pihak yang sebentar lagi akan masuk ke lapangan kerja. Bahkan, ada yang sudah berwiraswasta dan bekerja selama kuliah.

"Karena mahasiswa adalah pihak sebentar lagi masuk lapangan kerja. Malah ada yang tahun kedua atau ketiga terlibat pekerjaan atau bisnis kecil-kecilan yang wajibkan dia jadi wajib pajak," katanya.

Namun, Bambang belum bisa memastikan kapan pemberian NPWP kepada mahasiswa baru lulus itu dilakukan. "Itu secepatnya," tandasnya.

Nay