Lansia dan Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Rp 300 Ribu per Bulan

Lansia dan Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Rp 300 Ribu per BulanWarga lansia menerima bantuan sembako @detik.com

Presiden Joko Widodo mengatakan negara perlu memperhatikan warga berusia lanjut. Sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap warga lanjut usia, Jokowi akan membagikan Kartu Asistensi Sosial Lanjut Usia.

"Negara perlu perhatikan warga lanjut usia. Kartu Asistensi Sosial Lanjut Usia ringankan beban orangtua kita -Jkw," tulis Jokowi di akun Twitter-nya, Sabtu (27/3) lalu.

Selain warga lansia, program ini juga menyasar warga penyandang disabilitas.

"Penyandang disabilitas berat dapatkan bantuan dari Negara. Masyarakat juga bisa bergerak bantu mereka," tulis Jokowi lagi.

Kartu Asistensi Sosial Lanjut Usia (ASLUT) ini ditujukan untuk meringankan beban orang tua. Pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp 200 ribu per bulan untuk para lansia. Meski tak besar, diharapkan bantuan itu sedikit meringankan beban warga berusia lanjut.

Sementara warga penyandang disabilitas berat, per bulan akan menerima bantuan sebesar Rp 300 ribu. Penyandang disabilitas bisa mengajukan bantuan sosial melalui Dinas/Instansi Sosial Kabupaten/Kota.

Selain orang tua dan penyandang disabilitas, pemerintah juga memberikan bantuan bagi ibu hamil dan yang memiliki balita. Besar bantuannya mencapai Rp 1,2 juta.

(BACA: Pemerintah: Ibu Hamil Dapat Bantuan Rp 1,2 Juta Mulai Maret)

Nay