Video Sopir Taksi Ngaku Demo Diperintah Atasan

Video Sopir Taksi Ngaku Demo Diperintah AtasanDemo sopir taksi di Jakarta @detik.com

Anggota Komisi III Ruhut Sitompul mengaku mengetahui dalang di balik demo sopir taksi yang berlangsung ricuh, Selasa (22/3) lalu. Ruhut menuding pimpinan merekalah yang menyuruh anak buahnya turun ke jalan menggelar orasi.

"Aku jam 4 subuh harus ke bandara. Pesanlah taksi aku, si sopir ngasih tahu kalau akan ada demo. Dia bilang, mereka dipaksa untuk berdemo," ujar Ruhut saat menjadi bintang tamu di Indonesia Lawyers Club (ILK), Selasa malam.

Mendengar curhat sopir itu, Ruhut menyarankan agar dia tak ikut demo.

"Kalau nggak mau nanti mereka dipecat. Mereka ini dipaksa untuk berdemo. Dapat uang Rp 100 ribu satu orang. Udah jangan pada bohong, ngaku sekarang kalian (sopir) kalau disuruh (turun ke jalan). Jadi bohong itu yang bilang dia nggak mengerahkan," tepis Ruhut.

Apa yang disebutkan Ruhut ini sejalan dengan pengakuan seorang sopir taksi. Sopir itu mengakui aksi demonya kemarin tak lepas dari perintah Paguyuban dan manajeman Blue Bird.

"Sekarang mah susah. Ya, gara-gara ada itu (Uber dan Grab). Blue Bird saja sulit dapat segitu. Apalagi taksi (konvensional) yang lain," kata sopir itu.

Dia mengungkapkan, demo itu sudah diatur, setiap pangkalan hanya diperbolehkan 60 orang pendemo. Selain itu, pendemo juga diberi makan dan ongkos.

Berikut ini videonya.

Nay