Ini Alasan Mengapa Ada Rambut di Pantat

Ini Alasan Mengapa Ada Rambut di PantatIlustrasi @doktercantik.com
Meski perntanyaan ini sangat sederhana, namun ilmuwan ternyata kesulitan menjawabnya. Mengapa pantat manusia memiliki rambut? Tidak sedikit netizen yang bertanya-tanya terkait hal itu.

Beberapa ilmuwan menjabarkan tiga teori yang dinilai paling masuk akal dan bisa menjelaskan bagaimana area yang selalu tertutup celana itu bisa tumbuh rambut.

Rambut pantat tak berevolusi

Ilmuwan mengatakan jika rambut pantat mirip usus buntu yang merupakan bagian tubuh yang tidak diperlukan manusia. Sederhananya, manusia akan tetap bisa memiliki keturunan meski tidak mempunyai rambut di pantat.

Ilmuwan juga menjelaskan jika tak semua bagian tubuh manusia melakukan evolusi. Sehingga saat manusia berevolusi dari nenek moyak yang berambut di seluruh tubuhnya, ada beberapa bagian yang tidak ikut berevolusi, termasuk rambut pantat.

Pelindung dan pelumas

Rambut pantat dikatakan oleh sebagian orang mempunyai fungsi yang sangat penting, yakni sebagai pelumas semu. Detilnya, rambut ini akan mengurangi gesekan antar kulit yang menyebabkan pantat lembab kemudian iritasi, atau bahkan infeksi.

Dalam masalah ini, pelari adalah salah satu orang yang paling merasakan manfaat rambut pantat.

Rambut pantat juga menjadi pelindung anus. Anus adalah lubang yang sangat sensitif dan butuh perlindungan ekstra dari berbagai benda dari luar tubuh yang berpotensi menimbulkan bahaya.

Untuk menjaga bau khas

Di zaman dahulu, bau tubuh adalah hal yang sangat penting untuk mengenali seseorang. Karena, bau khas tubuh masing-masing individu ternyata tidak sama. Selain itu bau badan juga bisa menarik perhatian lawan jenis hingga menandai sebuah wilayah kekuasaan.

Rambut pantat memang membuat keringat atau sisa metabolisme lain menempel. Kotoran itulah yang menimbulkan bau khas. Meski terdengar menjijikkan, namun itulah faktanya.
mks