Alien Sudah Hidup 10 Miliar Tahun Lalu?

Kamis, 24 Maret 2016 12:00
Alien Sudah Hidup 10 Miliar Tahun Lalu?Ilustrasi alien @express.co.uk
Penelitian untuk menemukan peradaban alien memang terus dilakukan selama ini. Namun, bukti nyata keberadaan makhluk luar angkasa tersebut masih tidak dapat dijelaskan secara gamblang.

Mengenai kehidupan alien ini, seorang astrofisikawan dari Harvard University, Dr Rosaanne Di Stefano mengatakan jika kumpulan bintang yang disebut dengan Globular Cluster adalah tempat terbaik untuk ditempati alien.

Kawasan tersebut diperkirakan menjadi sebuah tempat yang tepat untuk peradaban alien yang diduga sudah berlangsung selama 10 miliar tahun.

Indikator lain yang memungkinkan Globular Cluster menjadi tempat alien adalah adanya bintang yang saling berdekatan yang bisa membuat penghuni bisa berkunjung dalam satu wilayah yang sangat luas, bahkan antar bintang, demikian dilansir Mirror.

Di Stefano mengatakan, "Hal tersebut memudahkan sebuah peradaban untuk melakukan penjelajahan ke tempat lain. Bahkan mendirikan perbatasan di wilayah lain."

Ia juga menjelaskan jika kehidupan alien sebenarnya sudah tercipta cukup lama, hanya saja teknologi yang lebih canggih membuat mereka tidak bisa dideteksi oleh manusia di bumi.

Salah satu yang paling menarik perhatian ilmuwan mengenai kawasan globular cluster adalah adalah sebuah eksoplanet bernama Methuselah.

Methuselah mengorbit sistem biner yang terdiri dari sebuah pulsar dan dan bintang 'putih kerdil'. Methusalah merupakan eksoplanet tertua yang pernah dicatat dalam sejarah yang berusia sekitar 12,7 miliar tahun. Karena itulah Stefano mengatakan sangat aneh jika dalam waktu selama itu tak ada kehidupan.

Stefano juga mengatakan bahwa Globular Cluster bisa menjadi tempat pertama yang mempunyai potensi untuk dilakukan penelusuran mengenai sebuah peradaban.
(mks)
Komentar