Mbah Darmi, Nenek 86 Tahun Semangat Jadi Tukang Tambal Ban

Mbah Darmi, Nenek 86 Tahun Semangat Jadi Tukang Tambal BanMbah Darmi @dream.co.id
Melihat tukang tambal ban pria memang sudah wajar. Namun bagaimana jika tukang tambal ban digeluti oleh seorang wanita tua? Hal ini benar-benar ditemui di daerah MT Haryono, Semarang.

Seorang nenek bernama Darmi (86) menekuni usaha tambal ban sejak tahun 1963 bersama sang suami ketika suaminya masih hidup. Kini, Darmi pun sudah ditinggal oleh suaminya hingga dibantu oleh anak dan juga cucunya.



Bengkel mbah Darmi di Semarang ini buka mulai pagi hingga sore. "Kadang-kadang ya dibantu cucu tapi ini cucu saya lagi sekolah. Cucu saya banyak ada belasan, wah sampai lupa ada berapa jumlahnya," ujar mbah Darmi.



Mbah Darmi tidak melakukan ini karena tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup, terlebih karena cucu-cucunya sudah mampu untuk memenuhi segala keperluannya.

Mbah Darmi mengaku jika badannya merasa sakit semua jika tidak melakukan aktivitas. Oleh karena itulah ia tetap bekerja meski usianya sudah tidak muda. Kisah mbah Darmi ini tentu menjadi pelajaran berharga bagi siapa saja yang malas bekerja, terutama yang masih sehat.
mks