NASA Potret Keagungan Jawa, Bali & NTT dari Antariksa

NASA Potret Keagungan Jawa, Bali & NTT dari AntariksaPemandangan timur pulau Jawa dari luar angkasa @http://earthobservatory.nasa.gov/
Keindahan Indonesia dari luar angkasa kembali dipublikasi oleh NASA. Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut merilis foto bagian timur Jawa yang membentang sampai Bali dan Nusa Tenggara Timur.

NASA mengatakan jika foto tersebut diambil dari stasiun luar angkasa (ISS) saat cuaca di Indonesia sangat cerah. Sedikit asap yang tampak di gambar itu hanyalah hasil pembakaran lahan warga, dilansir Facebook resmi NASA, Rabu (23/3).

Pemandangan itu juga memperlihatkan Bali, Lombok, Pulau Sumba dan Pulau Timor dengan keseluruhan jangkauan sekitar 1.600 Kilometer. Terlihat pula refleksi sinar matahari di laut Surabaya, Jawa Timur.



Terpampang pula barisan gunung berapi yang bisa dilihat secara detil, mulai dari Lawu, Kelut, Semeru, Iyang Argapura, Raung, hingga Rinjani yang dalam gambar ditulis dengan huruf miring.

Gunung tersebut ditandai masih aktif oleh asap putih yang terekam di atas gunung. Meski demikian, asap tersebut tidak sampai ke angkasa, melainkan hanya 80 kilometer di atas bumi.

Astronot NASA memang memiliki tugas untuk mengirimkan pesan terkait aktivitas gunung berapi dan kebakaran hutan yang terjadi di seluruh dunia. Dengan berada di ISS, melihat kebakaran hutan atau aktivitas gunung berapi bisa dilakukan dengan mudah.
mks