Terungkap, Firaun Ditikam Belati dari Segala Sisi Hingga Mati

Terungkap, Firaun Ditikam Belati dari Segala Sisi Hingga MatiFiraun Ramses III @dailymail.co.uk
Salah satu firaun Mesir, Ramses III ternyata dibunuh dengan cara dikeroyok. Pembunuh menyerangnya dari semua sisi dengan beragam senjata. Hal ini diketahui dalam sebuah penelitian terbaru oleh Tim ahli radiologi Universitas Kairo.

Para ilmuwan yang menerbitkan buku 'Memindai Firaun: CT Pencitraan Mumi Kerajaan Baru' tersebut mengatakan jika Ramses III dibunuh dengan cara lehernya digorok, jempol dan kakinya juga dipotong.



Selama ini pembalsem Mesir sengaja menyembunyikan fakta mengejutkan itu sehingga tak ada yang tahu sebelum akhirnya terkuak oleh teknik pencitraan canggih ilmuwan.

Selain itu, ditemukan pula bahwa penyerang firaun menyerbu dari belakang menggunakan pisau dan belati. Semua luka-luka yang diterima Ramses III ditutupi oleh pembalsem di tahun 1800an agar fakta itu tak diketahui publik.



Kerajaan Baru Firaun Ramses III memerintah Mesir pada masa 1186-1155 Sebelum Masehi. Dalam sebuah dokumen kuno diceritakan bahwa salah satu istrinya, Tiye juga dibunuh karena perebutan kekuasaan, dilansir Live Science, Selasa (22/3).

Fakta ini menunjukkan bahwa perebutan kekuasaan di dalam keluarga kerajaan seringkali berujung pada pembunuhan. Miris, perebutan takhta tidak lain adalah untuk menggandakan harta kekayaan semata.
mks